Latar Belakang

 

Untuk menindaklanjuti komitmen penurunan emisi GRK tersebut, RAN-GRK disusun untuk memberikan kerangka kebijakan untuk pemerintah pusat, pemerintah daerah, pihak swasta dan para pemangku kepentingan lainnya dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berkaitan langsung atau tidak langsung dengan upaya mengurangi emisi GRK dalam jangka waktu 2010-2020 sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP 2005- 2025) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM). RAN-GRK ini telah disahkan dalam suatu Peraturan Presiden No. 61 Tahun 2011.

RAN-GRK mengusulkan aksi mitigasi di lima bidang prioritas (Pertanian, Kehutanan dan Lahan Gambut, Energi dan Transportasi, Industri, Pengelolaan Limbah) serta kegiatan Pendukung lainnya, merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari perencanaan pembangunan nasional yang mendukung prinsip pertumbuhan ekonomi, pengentasan kemiskinan, dan pembangunan berkelanjutan.

Pelaksanaan RAN-GRK menganut sistem pendekatan partisipatif dimana keterlibatan aktif pemerintah pusat, pemerintah daerah serta para pihak terkait sangat dibutuhkan untuk menyusun Rencana Aksi Daerah Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca (RAD-GRK) untuk pencapaian target penurunan emisi GRK di seluruh wilayah Indonesia. Oleh karena itu, untuk pelaksanaan

RAN-GRK, perlu dibuat Pedoman Pelaksanaan Rencana Aksi Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca.

Pada bagian awal Pedoman ini akan dijelaskan tentang elemen-elemen penting yang digunakan untuk mengukur pencapaian dari kegiatan penurunan emisi GRK. Keberhasilan suatu aksi mitigasi akan diukur dengan melihat berapa besar penurunan emisi GRK yang dicapai dibandingkan dengan kondisi BAU dan implementasinya. Penyusunan aksi mitigasi harus sesuai

dengan kerangka NAMAs (Nationally Appropriate Mitigation Actions) yang didukung oleh perangkat kebijakan yang efektif serta instrumen pendanaannya.

Copyright 2012.

SEKRETARIAT RAN-GRK, Wisma Bakrie II, 6 th Floor, Jl. H.R. Rasuna Said, Kav B-2, Jakarta 12920
Office phone: (021)57942105, Fax: (021) 57942106, e-mail: info[at]sekretariat-rangrk.org