Hubungan RAN dan RAD

Keseluruhan RAN GRK dan RAD GRK merupakan bagian yang tidak terpisahkan dan penjabaran teknis rencana pembangunan khususnya dalam merespon terhadap perubahan iklim. Koordinasi RAD GRK untuk menjadi bagian RAN GRK yang dilaksanakan melalui kerangka NAMAs, termasuk penentuan rencana aksi yang diperuntukkan untuk mencapai target penurunan emisi -26% dan -41% dilakukan oleh pemerintah pusat dikoordinasikan oleh BAPPENAS.

1.  Ruang Lingkup Daerah

Pada ruang lingkup ini, pemerintah daerah (provinsi dan juga kabupaten-kota) memiliki potensi dan sumber emisi lokal serta kewenangan penuh secara administratif maupun teknis (misalnya untuk menyusun BAU Baselinem, skenario mitigasi dan usulan-usulan opsi mitigasi). Yang termasuk ke dalam kategori ini misalnya bidang pengelolaan limbah.

2.  Ruang Lingkup Nasional

Pada kategori ini kewenangan dipegang oleh pemerintah pusat (Kementerian/Lembaga terkait) karena sumber dan potensi emisinya yang mencakup lintas daerah dan bersifat bergerak (mobile). Pemerintah pusat dapat menginisiasi kebijakan, program dan kegiatan mitigasi yang bersifat luas dan dapat diterapkan di daerah. Peran daerah terbatas pada penyediaan data dan informasi awal dalam hal penyusunan BAU baseline, atau pada tahap implementasi. Bidang yang termasuk ke dalam kategori ini misalnya bidang transportasi, industri besar dan jaringan listrik yang terintegrasi secara nasional (on-grid).

Copyright 2012.

SEKRETARIAT RAN-GRK, Wisma Bakrie II, 6 th Floor, Jl. H.R. Rasuna Said, Kav B-2, Jakarta 12920
Office phone: (021)57942105, Fax: (021) 57942106, e-mail: info[at]sekretariat-rangrk.org