Bidang Energi

Perhitungan emisi sektor energi menggunakan pendekatan kombinasi top-down dan bottom-up untuk menunjukkan perbedaan kebijakan nasional dan daerah, Untuk melakukan perhitungan, proyeksi BAU dan proyeksi seknario aksi mitigasi di sektor energi, software yang digunakan adalah Long Range Energy Alternatives Planning (LEAP).

BAU Baseline sektor energi RAD GRK menggunakan tahun dasar 2010 yang diproyeksikan hingga tahun 2020. Data-data dasar yang digunakan untuk perhitungan menggunakan LEAP adalah jumlah penduduk, jumlah rumah tangga, presentase pembagian keluarga miskin, menengah, dan kaya, data aktivitas dan intenstitas energi keluarga miskin, menengah dan kaya, produk domestik regional bruto (PDRB) provinsi, data pembangkit listrik, data panjang jalan, data konsumsi BBM serta panjang perjalanan kendaraan.

Adapun asumsi yang dibutuhkan untuk memproyeksikan BAU antara lain pertumbuhan penduduk, pertumbuhan PDRB, proyeksi pembagian keluarga miskin, menengah, dan kaya, penambahan pembangkit listrik, pertumbuhan jumlah kendaraan dan pertumbuhan konsumsi BBM.  BAU Baseline bidang energi ditunjukkan pada grafik di bawah ini.


Gambar rekapitulasi Kelompok Bidang Energi RAD GRK (Pokja, 2012)

Hasil rekapitulasi RAD-GRK kelompok bidang energi menunjukkan bahwa angka BAU baseline sektor energi tahun 2010 menunjukkan angka 337 tCO2-eq yang meningkat dua kali lipat menjadi 632 tCO2-eq pada tahun 2020. Angka BAU ini belum memperhitungkan BAU baseline dari RAN-GRK serta emisi dari proses industri.

Copyright 2012.

SEKRETARIAT RAN-GRK, Wisma Bakrie II, 6 th Floor, Jl. H.R. Rasuna Said, Kav B-2, Jakarta 12920
Office phone: (021)57942105, Fax: (021) 57942106, e-mail: info[at]sekretariat-rangrk.org