Articles

Indonesia Masih Berkomitmen Turunkan Emisi 29 Persen

Indonesia termasuk negara yang masih berkomitmen dalam upaya penurunan emisi karbon sesuai dengan perjanjian di konfrensi perubahan iklim (COP21) di Perancis tahun lalu. Pada COP22 di Marrakech, komitmen itu masih tetap dijalankan dan kemajuannya sudah mulai terlihat.

Itulah yang disampaikan Direktur Lingkungan Hidup, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Bappenas, Medrilzam saat memaparkan target pemerintah dalam komitmen pengurangan emisi di Paviliun Indonesia, Senin(14/11) waktu setempat.

Namun menurutnya masalah pendanaan masih jadi problema yang belum selesai. Saat ini Indonesia masih mengandalkan domestic fund yang berasal dari dana pemerintah dan kontribusi sektor swasta. Hal itu dilakukan untuk mencapai target pengurangan emisi 29 persen.

 

Namun untuk mencapai target yang lebih tinggi yakni 41 persen, Indonesia tidak dapat berdiri sendiri. Kontribusi dan dukungan dari dunia internasional pun sangat dibutuhkan. “Nyatanya dukungan dari internasional sangat kurang. Jikapun ada bentuknya lebih banyak bicara capacity building. Padahal kita berharap lebih banyak investasi yang masuk,” kata Medrilzam.

Meskipun masih minim kontribusi dari internasional, Medrilzam tetap memberikan apresiasi karena sektor swasta nasional sudah mulai bergerak ke arah proyek yang ramah lingkungan. Inilah yang menurutnya jadi pekerjaan rumah pemerintah yaitu mengumpulkan informasi mendalam tentang proyek-proyek ramah lingkungan dari sektor swasta.

Fakta ini menepis anggapan bahwa sektor swasta menjadi penghalang dari upaya penurunan emisi karbon. Sebab, prinsip keberlanjutan juga harus dimaknai sebagai keberlanjutan ekonomi yang jadi ujung tombak kegiatan sektor swasta.

“Intinya kami sepakat bahwa antara economic, poverty, dan emisi harus berjalan bersamaan. Tidak bisa berjalan sendiri karena tak akan ketemu,” ujarnya.(dj)

Link : http://update.ahloo.com/2016/11/14/komitmen-turunkan-emisi-29-persen/

Copyright 2012.

SEKRETARIAT RAN-GRK, Wisma Bakrie II, 6 th Floor, Jl. H.R. Rasuna Said, Kav B-2, Jakarta 12920
Office phone: (021)57942105, Fax: (021) 57942106, e-mail: info[at]sekretariat-rangrk.org