Articles

AKSI BERSAMA MENANGGULANGI PERUBAHAN IKLIM

Jakarta – Menanggulangi perubahan iklim bukan hanya mengenai masalah lingkungan melainkan harus ada keterlibatan berbagai pihak dan juga pemangku kepentingan secara nasional dan internasional. Diharapkan ada kesesuaian prioritas pembangunan nasional dan pelaksanaan penurunan emisi gas rumah kaca di Indonesia dapat membawa kesejahteraan yang berkelanjutan bagi seluruh masyarakat Indonesia dan berkontribusi pada dunia. Demikian disampaikan Menteri PPN/Bappenas, Prof. Dr. Bambang P.S. Brodjonegoro pada Policy Coordination Forum yang diselenggarakan pada Rabu, 24 Agustus 2016 di Gedung Utama Bappenas Jakarta.

Acara yang diselenggarakan Kementerian PPN/Bappenas dan Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) mengusung tema “Integrasi Penanggulangan Perubahan Iklim: Aksi Bersama dan Tantangannya”, dengan dua bahasan utama yaitu Peatland Management Framework: Integration and Partnership; dan International Contribution to Support Implementation of Paris Agreement in Indonesia.

Tujuan acara ini antara lain mendiskusikan perkembangan terbaru dari kebijakan-kebijakan pemerintah dalam penanganan perubahan iklim, terutama regulasi RAN-GRK dan restorasi gambut serta mengidentifikasi peluang kerja sama antar para pemangku kepentingan untuk meningkatkan kualitas program penanggulangan dampak perubahan iklim.

Acara dibuka oleh Deputi Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, Gellwynn Jusuf, dilanjutkan dengan sambutan dari Duta Besar Jerman, H.E. D. Georg Witschel.  Dalam sambutannya Duta Besar Jerman berharap adanya upaya kolaborasi dalam menangani perubahan iklim.

Selanjutnya presentasi dari Deputi Perencanaan Badan Restorasi Gambut (BRG), Budhi Wardhana, mengenai “Kerangka Kerja Manajemen Lahan Gambut : Integrasi dan Kemitraan”. Yang terakhir presentasi oleh Pimpinan United Kingdom Climate Change Unit (UKCCU), Tom Owen-Edmunds tentang  "Kontribusi Internasional untuk Mendukung Pelaksanaan Perjanjian Paris di Indonesia”.(SekRANGRK)

Copyright 2012.

SEKRETARIAT RAN-GRK, Wisma Bakrie II, 6 th Floor, Jl. H.R. Rasuna Said, Kav B-2, Jakarta 12920
Office phone: (021)57942105, Fax: (021) 57942106, e-mail: info[at]sekretariat-rangrk.org