Articles

Riau Berhasil Selesaikan PEP 2010 – 2015

Pekanbaru, Riau – Sekretariat Rencana Aksi Nasional Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca (RAN-GRK) mencatat Provinsi Riau berhasil menyelesaikan Pemantauan, Evaluasi dan Pelaporan (PEP) RAD-GRK di tiap sektor seperti sektor berbasis lahan bidang pertanian dan kehutanan serta lahan gambut, energi serta sektor limbah dari tahun 2010 – 2015. Demikian disampaikan oleh Sekretariat RAN-GRK, Atjeng Kadaryana dalam Pendampingan dan Fasilitasi Penyusunan PEP RAD-GRK di Hotel Premier, Pekanbaru, 11 – 12 Agustus 2016 yang diselenggarakan oleh Bappeda Provinsi Riau.

Acara dibuka oleh Ibnu Suhelzi dari Bappeda Provinsi Riau. Ibnu Suhelzi menjelaskan tujuan diselenggarakannya kegiatan pendampingan Pemantauan, Evaluasi dan Pelaporan (PEP RAD-GRK) Provinsi Riau. Hadir dalam acara tersebut antara lain Sekretariat RAN-GRK, Badan Lingkungan Hidup Daerah Provinsi, Bappeda Provinsi serta perwakilan dari BLHD, Bappeda Kota Dumai dan Kota Pekanbaru. Selanjutnya acara dibagi menjadi tiap bidang diantaranya bidang kehutanan dan lahan gambut, pertanian, energi dan limbah yang difasilitasi oleh liaisons dari Sekretariat RAN-GRK.

Bidang Kehutanan dan Lahan Gambut hanya perlu menyempurnakan poin – poin dari laporan PEP yang belum dilengkapi sebelumnya seperti data teknis pada lembar Pencegahan Penurunan Cadangan Karbon (PPCK) dan Peningkatan Cadangan Karbon (PCK). Tindak lanjut kegiatan antara lain mulai melakukan penyusunan laporan PEP tahun 2016 bidang kehutanan dan lahan gambut Provinsi Riau serta melakukan pengecekan data teknis, terlebih untuk data PCK seperti jumlah tanaman, umur tanaman dan luas lahan.

Sementara itu, laporan PEP RAD-GRK Bidang Pertanian Provinsi Riau dari tahun 2010 hingga 2015 telah berhasil diselesaikan pada acara pendampingan. Beberapa masukan penting yang diberikan oleh peserta antara lain: perlunya tagging kegiatan mitigasi RAD-GRK dalam dokumen perencanaan seperti RPJMD dan Renstra SKPD sehingga memudahkan identifikasi kegiatan mitigasi, perlunya pemetaan kegiatan mitigasi di lapangan, serta peningkatan kapasitas tim POKJA RAD-GRK terkait pemahaman teknis seputar RAD-GRK. Sebagai tindak lanjut, Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Riau akan menyempurnakan data PEP RAD GRK sektor pertanian tahun 2010-2015 dengan melengkapi data-data yang belum lengkap, khususnya pendanaan kegiatan mitigasi, melaksanakan sosialisasi RAD-GRK ke SKPD lingkup pertanian dan peternakan di Kabupaten/Kota, serta melaksanakan monitoring kegiatan di lapangan.

Bidang Energi Sekretariat RAN-GRK mencatat Provinsi Riau telah menyampaikan laporann PEP dari tahun 2010-2015 (Bidang Energi) dan tahun 2010-2014 (Bidang Transportasi). Terdapat beberapa kendala dalam mengumpulkan data dalam PEP bidang berbasis energi, khususnya pada metode pengumpulan data survey bidang transportasi. Hal ini karena kurangnya keterlibatan Dinas Teknis (Dinas Pertambangan dan Energi dan Dinas Perhubungan Provinsi Riau) dalam kegiatan RAD-GRK. Selama ini laporan PEP khususnya bidang berbasis energi ditangani oleh Koordinator RAD GRK Provinsi yaitu Bappeda. Sehingga mempengaruhi koordinasi antar lembaga dan ketersediaan anggaran untuk Dinas Terkait dalam operasional kegiatan RAD-GRK. Melalui kegiatan pendampingan ini disampaikan komitmen masing-masing Dinas terkait untuk terlibat kegiatan RAD-GRK di Provinsi Riau, serta solusi mengenai permasalahan anggaran RAD-GRK.

Hasil pendampingan Bidang Pengelolaan Limbah Provinsi Riau antara lain dari seluruh Tempat Pembuangan Akhir (TPA) kabupaten/kota Provinsi Riau, hanya satu TPA (TPA Muara Fajar kota Pekanbaru) yang sudah memiliki alat penangkap metan, namun tidak ada alat ukur untuk jumlah metan yang ditangkap serta dari 33 Tempat Pengelolaan Sampah (TPS) 3R yang dibangun oleh Satuan Kerja Penyehatan Lingkungan Pemukiman (Satker PLP) Riau dari tahun 2010-2015, hanya satu yang beroperasi di Kabupaten Bengkalis (2013) dengan kondisi 10-50% operasional. (SekRAN-GRK)

Copyright 2012.

SEKRETARIAT RAN-GRK, Wisma Bakrie II, 6 th Floor, Jl. H.R. Rasuna Said, Kav B-2, Jakarta 12920
Office phone: (021)57942105, Fax: (021) 57942106, e-mail: info[at]sekretariat-rangrk.org