RAN - GRK
Sekretariat

‘Sekretariat Rencana Aksi Nasional penurunan emisi Gas Rumah Kaca’ (Sekretariat RAN-GRK) didirikan untuk meningkatkan akses informasi dan panduan teknis berkaitan penyusunan RAN-GRK.

Pemprov Kalsel Tetapkan Siaga Karhutla

Kamis, 25 May 2017 12:15 WIB Penulis: MI/Denny Susanto

PROVINSI Kalimantan Selatan ditetapkan dalam status siaga kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel lengkapi peralatan canggih untuk tangani karhutla. "Kalsel saat ini kita tetapkan dalam status siaga bencana kebakaran hutan dan lahan. Di sejumlah daerah kabupaten sudah muncul titik api, meski sesekali hujan masih turun bahkan terjadi banjir," tutur Gubernur Kalsel Sahbirin Noor di Banjarmasin, Kamis (25/5).

Beberapa waktu sebelumnya, Kalsel menggelar apel kesiagaan bencana karhutla yang dipimpin langsung gubernur. Sejauh ini, Gubernur Syahbirin telah menerbitkan surat imbauan kewaspadaan dan penanganan bencana karhutla kepada seluruh kabupaten/kota di wilayah tersebut. Kepala BPBD Kalsel, Wahyudin, mengatakan, saat ini sudah muncul tiga titik api di wilayah Kabupaten Tapin, Tanah Bumbu, dan Kotabaru. "Kita berharap peran serta masyarakat melalui kelompok masyarakat peduli api untuk membantu penanganan dini situasi karhutla di lapangan," ujarnya.

Di Kalsel ada enam daerah rawan bencana karhutla meliputi Kota Banjarbaru, terutama kawasan gambut sekitar Bandara Syamsudin Noor, Kabupaten Tapin, Banjar, Barito Kuala, Tanah Bumbu, dan Kotabaru.

Kabupaten Tapin dan Tanah Bumbu sudah ditetapkan dalam status darurat siaga karhutla menyusul kondisi kemarau dan mulai munculnya titik api di wilayah itu.

Lebih jauh dikatakan Wahyudin, pihaknya berharap adanya bantuan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat terkait penambahan peralatan pedam api khususnya untuk daerah gambut yang mampu menjangkau wilayah jauh.

Guna menghadapi ancaman karhutla serta lahan gambut di sekitar bandara saat ini sudah dibangun satu buah embung raksasa dan 100 titik sumbur bor di wilayah Kota Banjarbaru. Pada bagian lain, Wahyudin mengatakan, terkait bencana banjir yang sempat melanda Kabupaten Balangan dan Hulu Sungai Utara saat ini sudah surut. Namun, pihaknya tetap meminta kewaspadaan BPBD setempat terhadap banjir susulan mengingat hujan masih sering turun di wilayah Pegunungan Meratus. (OL-2)

http://mediaindonesia.com/news/read/106261/pemprov-kalsel-tetapkan-siaga-karhutla/2017-05-25#sthash.DFOilxmd.dpuf

Profil Sekretariat RAN-GRK

 

Developing Indonesia's Climate Mitigation Policy post 2020 through RAN-GRK Review (Video)

 

 

 

Developing Indonesian Climate Mitigation Policy 2020 - 2030   Download 

 

 

Laporan Pelaksanaan PERPRES NO. 61/2011 Tentang Rencana Aksi Nasional Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca Tahun 2015   Download 

 

Pedoman Kaji Ulang Rencana Aksi Daerah Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca (RAD-GRK)   Download 

 

 

Pedoman Umum & Petunjuk Teknis 2015

 

 

 

Copyright 2012.

SEKRETARIAT RAN-GRK, Wisma Bakrie II, 6 th Floor, Jl. H.R. Rasuna Said, Kav B-2, Jakarta 12920
Office phone: (021)57942105, Fax: (021) 57942106, e-mail: info[at]sekretariat-rangrk.org