RAN - GRK
Sekretariat

‘Sekretariat Rencana Aksi Nasional penurunan emisi Gas Rumah Kaca’ (Sekretariat RAN-GRK) didirikan untuk meningkatkan akses informasi dan panduan teknis berkaitan penyusunan RAN-GRK.

Potensi Bencana Lingkungan dan Variabilitas Iklim dan Cuaca Dalam Perencanaan Pembangunan

Jakarta - Pemahaman terhadap bencana akibat meteorologis dan ilmu kebumian harus ditingkatkan dan diperlukan informasi yang lengkap sehingga dapat meningkatkan pemahaman bagi perencana lingkup Kementerian PPN/ Bappenas dalam penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Tahun 2018. Demikian disampaikan oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas, Prof. Bambang Brodjonegoro pada saat membuka acara Diskusi Pembangunan dengan tema Potensi Bencana Lingkungan dan Variabilitas Iklim dan Cuaca Dalam Perencanaan Pembangunan yang diselenggarakan pada Senin, 27 Februari 2017 di Ruang Widjojo Nitisastro, Kementerian PPN/Bappenas Jakarta.

Tujuan diselenggarakannya acara ini antara lain membahas potensi bencana lingkungan yang berpengaruh terhadap pelaksanaan pembangunan di Indonesia serta sebagai masukan dalam penyusunan RKP 2018 sehingga perencanaan pembangunan di masa yang akan datang dapat bersifat holistik, integratif, tematik, dan spasial dalam mengantisipasi potensi bencana lingkungan yang dapat terjadi setiap saat. Selain itu, transformasi pengetahuan dari para pakar dalam proses penyusunan rencana pembangunan yang sedang berlangsung.

Baca Selengkapnya...

Profil Sekretariat RAN-GRK

 

Developing Indonesia's Climate Mitigation Policy post 2020 through RAN-GRK Review (Video)

 

 

 

Developing Indonesian Climate Mitigation Policy 2020 - 2030   Download 

 

 

Laporan Pelaksanaan PERPRES NO. 61/2011 Tentang Rencana Aksi Nasional Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca Tahun 2015   Download 

 

Pedoman Kaji Ulang Rencana Aksi Daerah Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca (RAD-GRK)   Download 

 

 

Pedoman Umum & Petunjuk Teknis 2015

 

 

 

Copyright 2012.

SEKRETARIAT RAN-GRK, Wisma Bakrie II, 6 th Floor, Jl. H.R. Rasuna Said, Kav B-2, Jakarta 12920
Office phone: (021)57942105, Fax: (021) 57942106, e-mail: info[at]sekretariat-rangrk.org